Panorama Indah Pantai Kuta Pulau Lombok

Panorama Indah Pantai Kuta Pulau Lombok

Ombak bergulung, bekejar-kejaran terlihat seperti tak pernah putus asa untuk mengukir bongkahan batu karang. Sementara, buih-buih putih yang terpencar, seperti merengkuh, mengajak berenang pasir-pasir putih di pantai Kuta.

Read More

href="http://www.hacktutors.info/2010/09/releasing-platinum-blogger-template.html">Platinum Blogger Template

Platinum Blogger Template

I converted Platinum WordPress theme into Blogger Template. Originally, Brian Gardner designed it and I converted it for all Blogger users and make it available for absolutely free.

Read More

Google Page Rank Update

Google Page Rank Update

Google PageRank has been updated in June 2011 for the second time in this year. HackTutors got back its PR while it was 0 before. Now its PR 3.

Read More

Get Thousands of High PR Backlinks Within a Minute

Get Thousands of High PR Backlinks Within a Minute

Now, you can discover up to *PR 7 DoFollow Pages* to place your Backlinks instantly! Yes you don't have to wait for a minute.

Read More


OBJEK WISATA DI LOMBOK TENGAH



1.    Desa Sade dan Rembitan (Rumah Khas Tradisional Lombok)
Desa ini terletak di areal perbukitan sekitar 18 km barat daya kota Praya kecamatan Pujut. Objek wisata menawarkan keaslian gaya hidup masyarakat sasak tempo dulu dengan rumah lumbung. Masyarakat setempat ahli menenun kain berupa produk songket motif lokal dijual dengan harga bersaing. Pengunjung yan tertarik menyaksikan cara pembuatan tenun songket dan ingin menikmati alam desa setempat dalam jangka waktu lama bisa berkunjung langsung. Desa rambitan/sade yang terkenal dengan rumah tradisional suku sasak. Di desa ini terdapat penyimpanan padi yang disebut lumbung. Dan Yang paling unik dari tempat ini adalah lantai nrumah yang terbuat dari kotoran hewan yang dicampur dengan tanah liat hal ini dimaksudkan untuk mengusir nyamuk atau lalat, kemudian atapnya terbuat dari jerami dan semua kamar memiliki bagian dan fungsi seperti tangganya yang berjumlah tiga buah anak tangga yang memiliki makna yang sakral bagi penduduk setempat dan ini berarti adat istiadat  serta tradisi di desa ini masih dipegang teguh.
2.    Desa Sukarara (Kerajinan Songket)
Songket merupakan kain tenun tradisional sasak yang terkenal di Nusa Tengara Barat bahkan sampai keluar daerah dan mancanegara. Souvenir ini bisa didapati di daerah objek wisata Lombok tengah atau di desa sukarara kecamatan Jonggat yang merupakan desa tempat penenun membuat kain songket ini , berlokasi sekitar 3 Km barat kota Praya. Bagi anda yang tertarik ingin mengetahui dan mengenal lebih dekat dengan bagaiman cara pembuatan songket ini anda bisa langsung berkunjung ke desa ini.
3.    Pantai Kuta (Keindahan Alami yang Mempesona)
Seperti pantai kuta di Bali, Kuta Lombok juga ramai dikunjungi wisatawan baik local maupun asing. Pada waktu-waktu tertentu, gelombang laut cukup tinggi dan cocok dimanfaatkan untuk surfing. Bila kita melangkah cukup jauh ke timur, sebuah hutan bakau kecil telah menunggu. Berperahu di sekitar hutan kecil ini sangat menyenangkan, karena gelombangnya relative kecil sehingga perahu dapat dikendalikan dengan mudah. Pantai dengan pemandangan indah alami ini terletak di desa Kuta kecamatan Pujut sekitar 27 km dari kota praya ke selatan. Air lautnya yang jernih dihuni oleh berbagai jenis ikan dan terumbu karang yang bisa dinikmati dengan berenang, snorkeling atau menyelam. Berjemur merupakan aktivitas pantai yang tepat, kehangatan berjemur dibawah terik sinar matahari akan membekas di kulit anda dan akan memberikan kebahagiaan abadi. Di kawasan Kuta ini terdapat beberapa fasilitas seperti hotel berbintang hingga kelas bawah, selain itu tersedia juga beberapa restoran, warung, pemandu surfing dan pos pengamanan pariwisata.
4.    Pantai Seger (Pantai Legenda Putri Nyale)
Bila melalui garis pantai, pantai seger terletak sangat dekat dengan Kuta. Namun bila melewati jalan beraspal menjadi cukup jauh karena harus mengambil jalur memutar. Pantai seger juga dikenal sebagai pantai putrid nyale, dimana setiap tahun sekitar bulan februari diadakan ritual bau nyale. Masyarakat sekitar ramai-ramai mencari dan menangkap cacing-cacing laut yang rasanya sangat lezat. Di pantai Seger banyak banyak bukit-bukit kecil yang dapat didaki dan dari puncaknya kita bisa menikmati pemandangan sekitar yang indah.
5.    Pantai Tanjung A’an (Pantai Penuh Pesona)
Lokasi pantai ini tidak jauh dari pantai Kuta hanya 3 km kearah timurnya. Suasana alaminya indah dan pengunjung bisa menghabiskan waktu di pantai ini untuk berenang, memancing, dan berjemur. Pantai ini memiliki karakteristik gelombang yang relative tenang. Di bagian timur, membentang pantai panjang dengan butir pasir berukuran merica berwarna kekuningan, karena itu sering disebut pasir lada. Sedangkan dibagian barat, terpisah oleh sebuah tanjung kecil, membentang sebuah pantai yang lebih panjang lagi dengan ukuran butir pasir yang sangat halus menyerupai tepung dan berwarna putih.
6.    Teluk Gerupuk
Disebut teluk Gerupuk karena berlokasi di desa Gerupuk, hanya 9 km dari Kuta ke timur. Penduduk setempat bermatapencaharian sebagai nelayan, budi daya rumput laut, dan membesarkan hasil tangkapan menggunakan bagang apung dan keramba, terkadang menyewakan perahu saat pengunjung ingin menikmati dunia surfing. Gerupuk sangat terkenal sabagai tempat selancar bahkan terbaik, karena ombaknya selalu besar sepanjang musim. Kawasan ini dilengkapi dengan fasilitas penginapan, bungalow, restoran, warung dan pos keamanan.
7.    Pantai Mawun
Pantai ini seperti teluk berbentuk busur dengan lengkungan yang dalam. Bukit-bukit yang mengapit pantai berubah warna seiring musim. Pada musim hujan warna didominasi hijau vegetasi yang tumbuh subur oleh adanya air hujan, sedangkan pada musim kemarau akan tampak warna kecoklatan. Warna-warna tersebut berpadu dengan birunya Samudra Hindia dan warna putih gelombang yang pecah dikejauhan saat menabrak karang. Pasir pantai ini halus seperti tepung, terutama dibagian tengah, semakin keselatan butir pasirnya menjadi lebih besar. Di bagian ini juga banyak terhampar bebatuan berwarna hitam, berpadu dengan pasir pantai berwarna putih. Bagi mereka yang berjiwa petualang, sebuah bukit yang cukup tinggi dan terjal telah menanti untuk didaki. Di puncak bukit, pemandangan mempesona dari garis pantai yang berkelok kelok menunggu siapa saja yang tergoda untuk menikmatinya. Karena diapit oleh tebing pantai mawun sangat tenang dan hampir tidak ada ombak sehingga sangat nyaman untuk berenang menikmati kesegaran air laut.
8.    Pantai Selong Belanak
Dikawasan pantai ini merupakan tempat bermukimnya para nelayan dengan aneka warna warni perahu yang tertambat. Berlokasi di desa Selong Belanak kecamatan Praya Barat hanya 34 Km dari kota Praya. Keunikan pantai ini pasirnya berwarna putih yang mengkilap kalau diterpa panasnya sinar matahari sehingga menjadikan pengunjung akan betah berliburan di pantai ini. Apabila pengunjung ingin memanggang ikan laut di sekitar lokasi ini hanya menunggu para nelayan pulang melaut, khususnya di pagi hari. Tidak jauh dari pantai ini terdapat pantai Mawi dengan ombak besar yang sangat cocok untuk berselancar. Pantai Mawi juga sangat bagus untuk berenang dan disekitar pantai terdapat bungalow, restoran, serta pos keamanan
9.    Air Terjun Benang Stokel
Berlokasi di desa Aik Berik Kecamatan Batukliang Utara, sekitar 22 Km dari kota Praya. Airnya yang jernih dan dingin jatuh dari ketinggian 20 meter melalui celah bebatuan yang ditutupi berbagai jenis tumbuhan membentuk dinding hijau hingga ke jeram, dimana terdapat kolam kecil tempat pemandian. Air berjatuhan saling mendahului, bersemburan ke bawah dan menimbulkan suara bak air yang sedang mendidih. Penduduk setempat meyakini bahwa air tersebut bisa menyembuhkan penyakit. Di sini terdapat fasilitas seperti warung makan, warung kopi, penginapan dan rumah para penduduk, dan pos keamanan. Objek wisata ini ramai dikunjungi setiap liburan dan hari minggu.
10.    Air Terjun Benang Kelambu
Air terjun ini bagaikan kelambu yang menggantung di atas udara, tertiup angina segar membentuk panggung panorama yang sungguh mempesona. lokasinya hanya 1 Km dari air terjun Benang Stokel, bisa ditempuh dengan kendaraan kemudian pengunjung berjalan di jalan setapak di tengah hutan yang dihuni oleh kera berekor panjang untuk menuju lokasi. Airnya yang dingin mengalir dari celah-celah bebatuan dari ketinggian 35 meter. Wisatawan sangat menyukai objek ini sebagai tempat pemandian sembari menikmati indahnya panorama alam saat liburan.
11.    Pemandian Aiq Bukaq
Objek wisata tertua di kabupaten Lombok Tengah dibangun sekitar tahun 1970, berupa kolam pemandian yang dikelilingi hutan hijau dengan suasana alam yang segar. Airnya jernih dengan beragam tempat untuk mandi. Aiq bukaq menawarkan nuansa berlibur yang berbeda bagi keluarga. Tempat ini dilengkapi dengan berbagai fasilitas untuk mandi dan rekreasi, restoran, tempat pertemuan, penginapan dan juga took-toko souvenir. Berlokasi di desa aiq bukaq kecamatan Batukliang Utara, sekitar 20 Km utara kota Praya. Objek wisata ini ramai dikunjungi oleh wisatawan lokal terutama pada hari libur.


Responses

0 Respones to "OBJEK WISATA DI LOMBOK TENGAH"

Posting Komentar

Welcome in My Blog.......... Please provide comments and suggestions to make it more perfect this blog ... thank you for visiting ...!!!
 

Download Via Filehippo

Recent Comments

Return to top of page Copyright © 2010 | Platinum Theme Converted into Blogger Template by HackTutors